imel
Blog Universitas Komputer Indonesia

Petunjuk Cek Nomor Rangka Mobil Online

Setiap pemilik mobil wajib mengetahui nomor rangka kendaraan. Hal ini untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut sudah terdaftar resmi. Bagi pembeli mobil baru, mungkin Anda tak perlu khawatir karena sudah pasti pendaftaran mobil dilakukan sendiri di pihak kepolisian. Akan tetapi, pembeli mobil bekas harus cek nomor rangka mobil online untuk memastikan tidak ada indikasi kendaraan tersebut tidak resmi atau pernah mengalami penggantian.

 

Mengenal Nomor Rangka Mobil

 

Nomor rangka mobil adalah 17 deret kombinasi angka dan huruf yang membuktikan keaslian kendaraan. Adanya nomor rangka ini bisa Anda gunakan untuk pengecekan di kantor polisi demi memastikan bahwa kendaraan tersebut bukan kendaraan curian, modifikasi, atau hasil pasar gelap. Apabila Anda terbukti menggunakan kendaraan ilegal, maka sudah pasti AutoFamily berisiko terjerat masalah hukum selain itu nomor rangka digunakan sebagai syarat bayar pajak mobil

Lalu, di mana Anda bisa menemukan nomor rangka mobil? Pastinya setiap pabrikan menempatkan nomor rangka ini di tempat yang berbeda-beda. Untuk model monokok, letak nomor rangka adalah di bawah jok kursi depan. Sementara, untuk mobil dengan sasis, maka nomor rangka terletak di bagian sasisnya. Lalu, jika saat melihat nomor rangka AutoFamily menemukan kode MHF di depannya, maka tandanya mobil tersebut produksi Indonesia. Sedangkan kode selain MHF adalah produksi luar negeri.

Cara Cek Nomor Rangka Mobil Online

 

Berkembangnya teknologi memberikan kemudahan pada segala aspek kehidupan, termasuk pula cara memeriksa nomor rangka mobil online. Kalau dulu mungkin AutoFamily harus datang ke kantor kepolisian, membawa berbagai berkas dan surat-surat hanya untuk cek nomor rangka mobil, kini semua itu bisa dilakukan secara online.  Butuh Jasa Gadai BPKB Mobil dan Motor ?

Bagi AutoFamily domisili Jakarta, dengan mobil Toyota plat B, cara mengecek nomor rangka mobil online sama dengan cara cek pajak kendaraan yaitu melalui aplikasi smartphone. Nama aplikasinya adalah “Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta”. Anda bisa menemukannya di Google Play Store untuk pengguna Android. Langkah cek nomor rangka melalui aplikasi adalah sebagai berikut:

  1. Download dan install aplikasi pada smartphone Anda.
     
  2. Log in dengan akun Google Anda. Bila belum memiliki akun, maka bisa Sign In terlebih dahulu. 
     
  3. Saat Sign In, Anda akan diminta untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan plat nomor kendaraan bermotor alias nomor polisi. NIK yang dimasukkan di sini harus sesuai dengan data pemilik kendaraan. 
     
  4. Klik tombol Cari dengan ikon kaca pembesar berwarna biru. 
     
  5. Setelahnya, akan muncul informasi lengkap mengenai nomor rangka kendaraan, nomor polisi mobil, pajak kendaraan, dan lainnya.

 

​​​​​​​Cara Cek Nomor Rangka Kendaraan Untuk Daerah Lain

Bukan hanya wilayah Jakarta yang bisa menikmati layanan pengecekan nomor rangka kendaraan online, daerah lain juga memiliki layanan ini. Namun, cek online rangka kendaraan di wilayah lain hanya bisa dilakukan melalui website resmi, bukan aplikasi seperti di Jakarta. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan plat nomor kendaraan dan informasi lengkap mengenai mobil akan muncul. Website resmi tiap daerah bisa dicek di sini:

  • Jawa Timur – https://esamsat.jatimprov.go.id/ 
     
  • Yogyakarta – http://infonjkbdiy.com/
     
  • Jawa Tengah – https://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/ 
     
  • Jawa Barat – https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/

AutoFamily, begitulah tadi panduan singkat mengenai cara cek nomor rangka mobil online melalui aplikasi untuk wilayah Jakarta dan website resmi tiap daerah untuk wilayah lain. Gampang sekali, kan, caranya? Nah, kabar baik untuk AutoFamily, kini tidak hanya cek nomor rangka yang bisa dilakukan secara online, layanan bengkel Auto2000 pun bisa dipesan dulu secara online melalui website Auto2000 Digiroom. Anda bahkan bisa menikmati layanan Home Service dari Auto2000 untuk perawatan mobil Toyota kesayangan. 

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 22 Juni 22 - 13:37 WIB
Dibaca sebanyak : 190 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback