imel
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cara untuk Memulai Usaha Sewa Ruko untuk Pemula

 
Usaha sewa ruko memang sangat menarik untuk dijalankan. Ketika seseorang memutuskan untuk menyewakan ruko, maka selain melihat tips menyewakan ruko juga penting mengetahui bagaimana cara memulainya.
 
1. Tentukan Lokasi Terlebih Dahulu 
Dalam rangka memulai usaha sewa ruko, maka sebaiknya cobalah menentukan lokasi terlebih dahulu. Pilihlah lokasi yang strategis dan pahami pula bagaimana kenaikan harga di lokasi tersebut. Biasanya ruko yang berdiri di atas lokasi ramai maka lebih banyak dipilih sebagai tempat usaha maupun perkantoran.
 
Pastikan juga bahwa ruko tersebut mudah diakses atau dijangkau oleh masyarakat luas. Misalnya, di sekitaran perumahan, pinggiran jalan raya perkotaan dan sebagainya. Lihat juga apakah ruko tersebut dekat dengan fasilitas publik lainnya atau tidak. Seperti masjid, mall, rumah sakit, halte bus dan lainnya. Rekomendasi Perumahan BSD City
 
 
2. Siapkan Modal Ruko Terbaik 
Hal penting lainnya yang perlu disiapkan sebelum membuka usaha sewa ruko adalah dengan menyiapkan modal. Siapkan modal untuk membuat ruko terbaik dengan fasilitas yang mumpuni. Tidak ada hitungan pasti tentang berapa nominal biaya modal untuk membuat ruko.
 
Semuanya tergantung dengan besarnya ruko dan fasilitas apa saja yang diberikan. Jangan lupa pastikan ruko dipenuhi dengan berbagai hal penting seperti saluran air, saluran listrik, tempat pembuangan sampah dan sebagainya. Buatlah penyewa nyaman tinggal dan bekerja di ruko tersebut. 
 
3. Tentukan Jangka Waktu Penyewaan Ruko 
Penting sekali untuk menentukan kapan jangka waktu penyewaan ruko berakhir. Hal ini agar mempermudah penyesuaian harga sewaktu-waktu. Apalagi jika lokasi ruko berada di daerah yang strategis. Tentu ini akan mudah berubah harganya.
 
Tips menyewakan ruko khususnya dalam kasus jangka waktu sewa, sebaiknya bisa menggunakan patokan tahunan. Penyewa bisa menyewakan ruko tersebut dalam kurun waktu setiap tahun maupun dua tahun sekali. Bila perlu, penyewa ruko juga bisa memberikan keringan DP di awal sewa. 
 
4. Tentukan Tarif Sewa Ruko Terbaik 
Agar sukses menyewakan ruko, maka sebaiknya tentukan tarif sewa ruko terbaik. Berikan tarif yang wajar sesuai dengan lokasi dan fasilitas yang diberikan. Hindari memasang tarfi terlalu tinggi. Sebab, bukannya akan mendatangkan banyak penyewa, namun justru tidak akan dilirik oleh siapapun.
 
Bila perlu iklankan ruko tersebut menggunakan mode pemasaran konvensional maupun modern yaitu memanfaatkan metode digital seperti sosial media. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitetr, OLX dan lainnya. Pasarkan dengan baik dan dapatkan keuntungan besar. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 29 Juni 22 - 19:21 WIB
Dibaca sebanyak : 529 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback